Gejala Radang Usus

Artikel Kesehatan 0 Comments

Gejala Radang Usus

Radang usus merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan usus mengalami peradangan atau inflamasi yang terdiri dari dua jenis yakni kolitis ulseratif dan penyakit sistem pencernaan (gastrointestinal). Kondisi seperti ini muncul karena adanya reaksi keliru dari sistem imun terhadap jaringan pencernaan yang sehat dan normal.

Member Green World – Kolitis ulseratif yakni suatu peradangan kronis yang terbatas di kolon atau usus besar saja. Sedangkan penyakit chron sendiri merupakan peradangan pada seluruh sistem pencernaan yang dimulai dari mulut hingga anus.

Ada juga kondisi lain yang berkaitan dengan radang usus seperti kolitis collagenous dan kolitis limfosistik yang lebih dikenal dengan kolistik mikroskopik yang menjadi radang usus cukup langka.

Radang usus menjadi penyakit jangka panjang yang gejalanya biasanya muncul dan hilang selama beberapa waktu dengan tingkat keparahan yang muncul tergantung dari bagian yang mengalami peradangan. Gejala-gejala radang usus yang umumnya terjadi diantaranya :

  • Rasa sakit atau nyeri di bagian perut.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Berat badan menurun.
  • Merasa lelah yang sangat luar biasa.
  • Merasa mual dan demam.
  • Diare bercampur darah yang kambuhan.

Gejala radang usus pada setiap orang berbeda, kondisi ini akan muncul dan pergi selama kurun waktu yang lama. Pada saat kambuh gejala yang terjadi dapat ringan bahkan juga dapat sangat parah.

Sampai saat ini radang usus belum dapat diketahui penyebab yang mendasarinya. Pola makan dan tingkat stress dari seseorang juga dapat meningkatkan resiko seseorang untuk menderita radang usus namun keduanya bukanlah menjadi penyebab yang paling utama. Faktor keturunan juga dapat memberikan pengaruh untuk munculnya penyakit radang usus. Seseorang akan memiliki resiko terkena radang usus bila keluarga dekat ada yang terkena radang usus juga.

Mengonsumsi obat luka usus besar atau obat radang usus sangat dianjurkan bagi seseorang yang memiliki gangguan pada sistem pencernaan terutama pada usus. Selain untuk meredakan gejala, pengobatan juga dilakukan untuk mengurangi komplikasi yang bisa saja terjadi pada penderita radang usus. Pengobatan secara alami biasanya lebih aman untuk dilakukan karena bahan dasar yang digunakan dari bahan herbal sehingga tidak memberikan efek samping sedikitpun untuk kesehatan tubuh.

Apabila penanganan yang dilakukan untuk meringankan gejala tidak dapat membantu maka kemungkinan prosedur operasi dapat dilakukan. Operasi dilakukan untuk dapat mengangkat bagian dari usus besar yang mengalami peradangan yang cukup parah. Untuk itu segera lakukan pengobatan sekarang juga bila gejala dari radang usus telah muncul pada diri anda sebelum menjadi lebih parah dan berbahaya untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *