Penyebab Asam Urat Pada Bagian Kaki Dan Pergelangan Tangan

Triflex Capsule, Uncategorized 0 Comments

Penumpukan asam urat di dalam darah adalah penyakit asam urat atau penyakit gout. Asam urat adalah libah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagaian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin dan sevagai kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Jika asam urat dibuang dari tubuh lebioh sedkit drai jumlah yang di produksi, maka asam urat yang tumpuk tersebut akan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau di sekliling jaringan sendi. Ketika keristal-keristal tajam tersebut masuk kedalam ruangan sendi dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka terjadilah peradangan yang terasa sangat sakit.

Sendi yang paling sering mengalami serangan penyakit asam urat adalah nyeri sendi kaki dan tangan. Tingginya pembentukan kristal-kristal di kedua sendi tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh suhu bagian tubuh tersebut yang relatif lebih rendah dibandingkan sendi lainnya.

Sendi selanjutnya yang juga rentan terhadap serangan adalah nyeri sendi lutut dan siku. sedangkan sendi yang jarang terkena serangan adalah yang letaknya dekat dengan kadar gula tinggi beberapa kondisi medis, obat-obatan, riwayat kelurga, serta jenis kelamin.

asam-urat-8

 

Makanan penyabab penyakit asam urat

Makanan yang kaya akan zat purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Contoh nya seperti :

  • Dalaman (jantung, ginjal, otak dan hati)
  • Makanan laut (kerang, dan ikan yang berminyak)
  • Daging merah(daging babi, sapi, dan kambing)

Minuman keras
Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras, maka produksi asam urat di dalam hati akan meningkat, selain unsurĀ  alkohol juga dapat mengurangi jumlah asam urat yang dibuang melalui urin.
JEnis minuman keras yang paling harus diwaspadai untuk menhindari serangan penyakit asam urat adalah bir dan sprit. Terutama bir, minuman keras ini juga mengadung purin yang tinggi. Sedangkan untuk wine, minuman keras ini tidak meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat secara signifikan asalkan diminum hanya satu atau dua gelas perhari.

Minuman dengan kadar gula tinggi.
Menurut sebuah penelitian, minuman ringan manis ataupun minuman yang mengadung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. fruktosa sendiri merupakan zat gula alami yang ditemuakan pada buah-buahan . Sedangkan minuman ringan diet atau minuman ringan yang kandungan gulanya renadah, tidak membuat seseorang berisiko terkena penyakit ini.

Masalah kesehatan atau kondisi medis yang sebelumnya diderita pasien

Ada beberapa kondisi medis yang dapat meningkatkan resiko penyakit asam urat. Artinya seseorang akan rentang terserang gout jika dirinya memiliki atau sedang mengidap:

  • Penyakit ginjal
  • Kadar leak dan kolestrol tinggi dalam darahnya
  • Diabetes, baik diabetes tipe1 maupun tipe2
  • Tekanan darah tinggi
  • Osteoartritis pada tangan, lutut, dan kaki.

Cara Mengobati Asam Urat

Berikut ini adalah tips dan cara mengobati asam urat secara alami dan cepat sekaligus murah, yaitu antara lain :

  • Cuka Sari Apel. Cuka apel, yang digunakan untuk mengobati sakit kepala dan asam lambung, juga dapat membantu mengobati asam urat dan rematik. Kadar keasaman dalam cuka sari apel akan membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh asam urat. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan madu untuk meningkatkan respon anti-inflamasi tubuh. Caranya : campurkan satu sendok teh cuka sari apel mentah dalam segelas air. Minum dua sampai tiga kali sehari.
  • Jahe. Sifat anti-inflamasi yang ada dalam jahe sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat asam urat. Ada banyak cara untuk menggunakan jahe dalam pengobatan asam urat. Caranya: Buatlah wedang jahe, minum setidaknya satu kali dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan jahe dalam masakan anda. Alternatif lainnya yaitu membuat pasta dari jahe. Lembutkan jahe dan campur sedikit air dan oleskan pada daerah yang terkena asam urat. Biarkan selama sekitar setengah jam. Lakukan ini sekali sehari.
    Air Putih. Memperbanyak minum air putih. Air putih dianjurkan untuk diminum sebanyak 8 sampai 10 gelas dalam sehari. Hal tersebut bisa mengencerkan urin sehingga purin yang berlebihan akan dapat keluar bersama urin.
  • Mengurangi makanan yang memiliki kandungan zat purin.. Makanan yang tinggi akan purin seperti jeroan, seafood, beberapa daging seperti abon atau dendeng serta makanan yang dikalengkan. Hindari dan kurangi makanan-makanan tersebut untuk mencegah purin yang tertimbun berlebihan dalam tubuh.
    Makanan Basah. Memperbanyak makanan yang bersifat basah sangat penting. Makanan basa yang dimaksud seperti sayur-sayuran, biji-bijian, buah-buahan juga akan membantu anda mencegah terbentuknya purin yang berlebihan.
  • Buah Ceri. Buah ceri dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan membersihkan ginjal. Ceri, baik manis atau asam, juga bisa sangat membantu dalam mengobati asam urat karena sifat antioksidan mereka. Ceri mengandung anthocyanin, yang dapat mengurangi peradangan serta meminimalkan asam urat kambuh kembali. ceri baik dimakan atau dicampur dan kemudian diencerkan dengan air untuk dijadikan jus. Ekstrak buah ceri juga tersedia di beberapa toko kesehatan.
  • Meminum beberapa jus. Beberapa jus seperti jus buah cerry dan jus lemon juga sangat membantu dalam pengendapan purin yang berlebihan.
    Mengkonsumsi herbal dari cuka madu. Cuka madu memang masih asing dan jarang dikenal orang. Kalau orang mengenal adalah propolis. Konsumsilah cuka madu karena akan memberikan sifat basa ke dalam tubuh sehingga pengendapan purin pun bisa dihindari.

Demikianlah informasi mengenai penyakit asam urat yang perlu anda ketahui. Anda bisa menerapkan cara mengobati asam urat secara alami di atas secara rutin dan konsisten. Namun jika terjadi efek samping yang kurang baik sebaiknya hentikan dan konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *